Vertikal Garden untuk Hijaukan Perkantoran

0
105

Konsep kota hijau yang diusung kota Malang bukan sekadar isapan jempol atau jorgan semata. Selain menghijaukan wilayah Malang, yaitu Kepanjen, kiprah menjaga lingkungan di sekitar agar terlihat asri, hijau dan teduh juga dilakukan Dinas Lingkungan Hidup.

Perkantoran Dinas Lingkungan Hidup Malang terbilang sebagai bangunan cukup tua di areal Pendapa Agung Malang. Kondisi tersebut yang membuat Agus berinovasi untuk ‘meremajakan’ kondisi kantornya dengan anggaran ringan tetapi tidak menghilangkan esensi pembaharuan yang identik dengan fokus yang dikerjakan setiap harinya oleh seluruh karyawan Dinas Lingkungan Hidup, yaitu menjaga keteduhan, keasrian dan menghijaunya areal perkantoran.

“Ini bukan program besar dengan anggaran besar juga. Tapi, lebih pada kepedulian kami untuk merawat dan mempercantik kantor sekaligus sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sehari-hari yang ditempati,” kata Budi, Minggu (09/07) kepada Malang TIMES.

Mengambil konsep vertikal garden yang setiap tahunnya menjadi tren di berbagai negara, baik gedung komersial maupun perkantoran, Agus mencoba menaklukkan kondisi awal gedung agar tidak terlalu terlihat ‘tua’. Menurut dia, konsep vertikal garden sangat cocok dipakai untuk perkantoran yang tidak memiliki lagi ruang luas untuk menambahkan atau menanam pepohonan atau bunga/kembang dalam mempercantik serta membuat asri dan teduh areal tersebut.

“Dengan kondisi tersebut, kami pakai metode vertikal garden di perkantoran Dinas Lingkungan Hidup. Walau konsep ini kami jalankan secara bertahap, Mas,” ungkap Agus yang puas dengan hasil dari konsep tersebut seperti yang ada di Sydney, Australia, dengan vertikal gardennya yang tertinggi di dunia.

Konsep membuat perkantoran nyaman, asri, teduh melalui vertikal garden di Dinas Lingkungan Hidup sudah terlihat dengan berbagai tanaman yang ditanam dan disusun di rangka aluminium setinggi kurang lebih 5 meter di lantai 2.

Keberadaan tanaman dengan teknis vertikal garden tersebut sudah cukup banyak dan mengelilingi gedung perkantoran Dinas Lingkungan Hidup. Bersanding dengan branding Malang, The Heart of East Java, keberadaan berbagai kembang yang menyejukkan mata ini cukup membuat kantor terlihat berbeda dan asri di tengah keramaian pusat Kota Malang ini.

Tidak berpuas dengan hasil saat ini, Budi mengatakan tahun ini juga akan menambah berbagai pepohonan yang jenisnya disesuaikan dengan areal gedung kantor. “Saya rencananya memang akan menambah lebih banyak jenis bunga-bungaan di sini, khususnya di lantai 1. Lantai dua tetap kami pakai konsep vertikal garden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here